Tifa at-Taqiya ...

Write your dream on the paper with a pencil hope, and let Allah erases some part to change with great story..

Selasa, 30 September 2014

Setengah Agama

Setengah agama. Buat anak kuliahan, kayaknya kata2 itu sensitif banget. Ya.. apalagi yang punya obsesi  cepet2 nikah.. kayaknyan begitu denger kata2 itu. Skeetika hormon adrenalin meningkat, feromon menguasai tubuh dan oksitosin membuncah tapi gak tau harus ke siapa.

di kampus juga gue sering denger istilah JOSH ( jomblo sampai halal..) wueek.! , atau apalah yan kayakya menunjukan bahwa sang peggiat slogan itu adalah orang yang cinta nikah muda. Wanna know my opinion ?

Jujur, kalo kita standarkan pada hukum syara'. ga da yang salah dengan kata2 itu. Toh itu juga bagian dari syariat agama. But , kalo menurut gue ada fenomena timpang alias gak balance yang kebetulan terbaca oleh gue. And this is my opinion ! ^^


1. Ladang untuk ibadah yang satu ini, yaitu nikah. Orang terlalu over bersemangat. Ampe statusnya di fb .. ituuu aja. Kayak gak da bahan yang lain. Begitu ketemuan ngobrolnya tentang ITU. Mau tidur mikirnya tentang ITU. Heeuh -.- v
Menurut gue sih ga adil.  Kalo kita ngasih perhatian yang besar sama ibadah nikah, kenapa cuma nikah doang ?. Kenapa ibadah yang lain ga kita fikirkan juga ? Misalnya dakwah kek, atau akhlak kita yang belum sempurna, tentang umat kek. Kenapa kita ga mensyiarkan yang lain? Emangnya umat butuh nikah ? Kalo miskin solusinya nikah gitu ? Adik kita putus sekolah solusinya nikah gitu ? Gubrak dehh.. Plis jangan over sama sesuatu. Dan jujur, status galau kayak gitu itu merusak mata dan mood gue.

2. Seriing muncul istilah setengah agama. Jadi ceritanya, mereka lagi sibuk mencari setengah agama yang hilang. Makanya gak heran muncul isitilah " menggenapkan agama". Done ! emang kalo dilihat aspek hukum syara'nya gak ada masalah. Gak dosa kok. Justru ketika memang sudah waktunya, Rasulullah mengajak para pemuda untuk menyegerakan.  Tapi coba deh kita merenung. Kita sibuk nyari penggenapan setenga agama, tapi setengah agama yng sekarang dalam diri kita aja belum di sempurnain. Lha terus yakin kalo udah ketemu pasangan, agama kita jadi genap gitu.. Hadeuuh mba sist, bro, akang, teteh.. boro setengah agama dalam diri kita aja masih bolong2,, malah belum jadi stengah kayaknya.

3. Jangan OMDO. alias omong doang. Kalo emang pengen nikah, ya action dong. Emangnya dengan kita bikin status di fb, blog, twitter, Ig, youtube atau bahkan lo teriak d depan patung pancoran,  terus jodoh lo ucuk-ucuk dteng ? Enggak kan. Ya udah, silahkan aksi. Kalo dear sista, and brada emang serius bukan sekedar 'anget anget feses ayam', silahkan action. Toh kalo emang sudah siap secara syar'i, bukannya harus disegerakan ya ? nah loo..

4. Nikah itu gak semudah goreng bala-bala. That's my quote. Intinya nikah itu adalah ibadah yang akan di mintai pertanggung jawabannya oleh Allah. So, keep serious on that ! Jangan sampe kita menjadikan hal itu seperti main-main. Ingat ya semuanya akan dimintai pertanggung jawabnnya.  So,  gue harap kita gak mudah terbakar jadi kebelet nikah hanya karena lihat orang lain nikah, atau lihat orang status ttg nikah, atau baca buku nikah. Plis.. pikirkan itu matang-matang. ^^

Nah itu opini gue. Bukan bermaksud untuk arogan dengan orang2 yang kebelet nikah, ataupun memang scara syar'i sudah siap menikah. Tapi, mari kita proporsional dalam menyikapi sesuatu. karena segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik. Yuuk kita perbaiki diri bareng-bareng.. tulisan ini pun cambuk bagi kehidupan gue khususnya untuk jadi lbih baik lagi.  Thanks for reading my article. Hope your day will be nice and full of Allah's blessing. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar