Tifa at-Taqiya ...

Write your dream on the paper with a pencil hope, and let Allah erases some part to change with great story..

Jumat, 29 Juni 2012

Kanker ? Santai aja!



Oohh badanku lemas!, kepala ku pusingg!... aku melayaang ! kenapa aku..!. Aduhh tumben – tumbennya nih peri cantik sakit biasanya kan selalu 3C ( cantik, cehat, cemangaad).. Dan ternyata peri cantik mengidapsuatu penyakit yang sulit diobati. Hanya bisa diobati dengan satu cara. Ia adalah penyakit  KANKEERR! Tidakkkk..! oh nooooo!

Berbagai cara sudah peri lakukan, tapi tak ada hasil. Tukang pijit, urut , dukun beranak (?), ampe tukang siomay semuanya tak mampu menyelesaikan problem ku yang amaat beraat.  Dan ternyata Cuma ada satu obat yang mampu mengobati penyakit ku yaitu UANG. Sebab, kanker ini bukan kanker biasa, tapi kanker yang sering melanda remaja alias Kantong Kering.. hiks hiks.

Huuhh.. penyakit ini emang jahat banget. Gimana gak jahat ? semua orang dia lahap. Dari anak tukang duren ampe anaknya presiden, termasuk peri cantik lho!. Dan kalo gak punya duit, bawaannya psti lemes, pusing, puyeng. Jangankan ngeliat buku pelajaran, ngangkat pantat aja kayaknya susah, ya nggak? . Apaagi kalo yang punya banyak utang, udahlah banyak utang  gak punya duit lagi. Ckckc kesiaaan ?

Seperti halnya penyakit – penyakit lain kayak maagh, tipes,sariawan dll, nah ternyata kanker juga punya penyebab lho! Jadi dia itu dateng gak secara tiba2, pasti ada stimulan dan penyebabnya dulu.  Menurut analisa peri cantik, ada beberapa penyebab utama penyebab kanker ini. First, melihat kelakuan remaja yang nafsuann, biasanya penykit ini disebabkan gara2 kita gak ngatur nafsu kita dengan baik. Akhirnya, duit melayang tanpa terasa. Lihat barang itu comoot!, lihat makanan enaak sikaaat!. Kayaknya tuhh mata gak lepas dari barang bagus or pangannan yummy. Akhirnya uang jajan dari mamah abis sebeulm waktunya. Dan akhirnya ngefek sama aktifitas kamu yang gak ada hubungannya ama duit. Bener gak ?

Nah.. terus yang kedua. Biasanya kalo orang yang baru dapet duit banyak, dia belum bisa memanage uangnya dengan benar. Inget ! kita harus membedakan antara prioritas,kebutuhan, keinginan. Ketika kamu punya uang, nah cepet2 catet apa aja prioritas, kebutuhan dan keinginan kamu. Abis itu, gunakan untuk yang prioritas dulu baru kebutuhan dan keinginan. Ini mah biasanya terbalik, nafsu dulu baru kebutuhan dan prioritas. Apa bedanya prioritas, kebutuhan dan keinginan ?

Prioritas itu kebutuhan yang paling mendesak dan penting diantara kebutuhan yang lain.Dimana ia harus dipenuhi dalam waktu yang cepat. Nah, bedanya ama kebutuhan itu cuma skala kegentingannya aja. And yang terakhir , ialah keinginan . Ia cuma bagian dari hawa nafsu kamu. Dan kalo gak dipenuhi  ? yaa never mind getooh! Nahh..buat yang satu ini.. pake uang yang sisa – sisa aja.. supaya gak kelabakann dan bisa nabungg. Begitu!

Nah, meskipun ini merupakan monster kedua setelah pelajaran bagi para remaja. Menurut peri cantik, kayaknya gak penting deh kalo kita berlemes ria gara2 kanker. Apalagi stress dan nyari jalan yang gak bener demi dapetin duit. Boongin ortu lah, malakin temen lah, atau taruhan motor aduhh gak layauuu!. Remaja muslim itu gak bakalan lemes, putus asa, or stress Cuma gara – gara gak punya duit. >.<. Mereka itu kuatt, tohhh yang bikin kita kanker siapa coba ? diri kita sendiri kan ? emangnya siapa suruh boros ?. Lagian gak penting kali, pusing gara gra begituan. Di zaman kapitalis kayak gini, uang emang menjadi salah satu obsesi terbesar mayoritas uang. Semuanya berlomba – lomba demi uang. Walhasil , gak heran kalo bannyk cerita bunuh diri disebabkan gara – gara gak punya duit.

Nah , masalahnya adalah apakah kita akan menyikapi kondisi kanker dengan begitu ?. Yang pastinya enggak dong ?. Nah peri cantik kasih tips nih supaya gak puyeng ngadepin kanker.

 First , hadapi semua dengn senyum ^_^, lagian dunia akan tetep berjalan kok!. Dan jangan buat ini adalah masalaahh yang gueeede banget. Kalo kanker disebabkan karena pribadi kita yang boros, nah ambil pelajran dan terima itu, bukan malah diratapi. Tapi kalo kanker nya karena Qadha Allah, misal dipijem orang, atau hilang dicopet.. nah berarti tawakal ama Allah banyak2. Mungkin aja Allah lagi nguji kamu, dan tandanya Allah itu sayang ama kamu.

Yang kedua, banyak banyak bersyukur. Inget yang memberi rezeki dimuka bumi ini cuma Allah. Sehebat apapun kamu, tetep aja yang ngasih rezeki itu Allah. So, disaat kamu kena kanker,jangan ngeluh yang diperbanyak. Tapi dzikir dan bersyukur ama Allah. Se-kere apapun kamu, Allah gak pernah melepas pintu rezeki kepadamu, kecuali kamu mati. Meski emang pahit, ibaratnya mah.. ditimpa tangga kok bersyukur ?. Nah, tapi ada ibrahnya lho ! Coba kalo kamu gak dikasih kere, kita pasti akan susah menghargai uang meskipun sedikit. Coba aja, pas kamu cuma punya uang seribu, terus disuruh beli air minum harga 500, pasti mikir dua kali kan ?. Nah, beda lagi ama orang yang uangnya banyak mulu.. uang sejuta juga gak keliatan. So, bersyukurlah.. sebab Allah ingin memberi mu pelajarn yang berharga. Inget barang siapa yang bersyukur kepada-Nya Allah akan memberikan nikmat yang lebih. Dan barang siapa yang kufur, ingat azab Allah amatlah pedih!Naudzubillah.

Nah, tips ngatur duit udah terus terapi kanker nya udah. Berarti tinggal kitanya yang ngelakuin itu. Semua tinggal kita kok. So, kalo kena kanker... katakan “HAAI” pada kantong kita sambil tersenyum dan katakan “ bismillah” pada hati kita.. ok ? Don’t worry be happy ?.When  you get a trouble,Islam will be Solution! JJJANG!
[29 juni2012,16:19 @Bedroom_Just Alone]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar