Tifa at-Taqiya ...

Write your dream on the paper with a pencil hope, and let Allah erases some part to change with great story..

Senin, 02 Desember 2013

My first teaching !



Kurang lebih 5 bulan udah kuliah. Masuk ke prodi yang kalo orang denger paling jawab, “ ooo”.  Karena udah kebanyakan yang milih, apalagi buat prodi ku pelamarnya ampe 1800 orang. Menjadi hal yang biasa ketika denger...” pendidikan Biologi”. But, well buat aku itu gak biasa. Tapi LUAR BIASA.

Menjadi seorang guru,  buat kebanyakan orang. Kadang harus berfikir dua kali untuk menggntungkan cita2 itu. Bahkan mungkin ada yang bilang, kepikiran aja gak..., bahkan bilang “ amit-amit”.  Tapi buat aku, itu segalanya.  Mengajar, entah kenapa aku kecanduan hal itu. Dan akhirnya membuat aku, memberanikan diri untuk bermimpi menjadi itu, sang guru.

Dan setelah 5 bulan ini, aku bener2 bersyukur karena masuk prodi ini.  Akhirnya, tepat hari jumat yang lalu aku pun ngajar beneran dg upah dan for first time. Lebay. Ya , mungkin ia. Hhaa. Tapi mungkin karena ini pertama kalinya, apalagi di bayar (hhha). Nggak , bukan karena uang. Bahkan aku bermimpi jadi guru bukan karena sekarang gaji guru pns gede. Kagak ada pikiran begitu. Tapi karena aku fikir mengajar itu mulia.


Jadi inget kata seorang guru, “ tif, nti kalo daulah tegak pertama kali.. pekerjaan yang paling dicari itu guru lhoo!”.  Huaa,, aku seneng + galau. Coz, waktu itu naluri arsiteknya masih ada.  Hha . Sekrang juga masih ada sih. 

Oo iya tuhkan lupa cerita ngajarnya.
Ngajar pertama, dari jam 2 ampe stngah empat. Ngajar kelas 3 sd. Murid pertamaku cowok. Imut2, pke behel tapi cuma 2 biji yg dibehel . hha lucu bgt. N pinter abis. Dan selalu nyengir kalo lagi ngitung pembagian. Anaknya anteng bngt, aku suruh apa aja dia mau. Sebelum ngajar, aku dikasih tau harus ngajar IPA kelas 3 sd.
Pertama kali denger. IPA SD ? “ ngajar apaan gw “. Ya iyalah bingung, mana inget belajar apa dulu. Ehh, pas di kelas baru deh ternyata mtk. Ya sdh, ngajar mtk dah gw.
Dan semuanya ditutup dngan manis, dan ketagihan.

Ngajar kedua, lanjut dihari yang sama. Ngajar jam 4 ampe setengah enam. Muridku yg satu ini anak SMA kelas 11. Untungnya perempuan. Awal ngajar udah disuruh ngebahas soal UAS.” Matilah akuu..!, mana belum belajar lgii “. Pertama kali lihat soal, asli lupa itu jawabannya apa. Padahal itu materi kuliaah bberapa mnggu yang lalu. Akhirnya aku ngeles, suruh dia kerjain beberapa soal trus dibahas. Sambil nunggu aku cari jawabbnya.. hhhaa ( guru amatir). Baru deh, abis itu karena dia kesusahan udah aja kita kerjain bareng –bareng.
Karena aku bru smester 1, jadi ada beberapa konsep yg sbtulnya udah paham tpi lupa lagi. Biasalah biologi penuh dh nama latin. Dan disitu malu bget jadi guru... amatiirr. But, diakhir .. aku menutup dengan sharing2 mereka ttg pelajaran bio, guru mereka di sekolah dll.
yaa, gitu doang ceritanya. Pengen denger lagi ?. Makanya doain aku dapet panggilan ngajar lagi ya...

Huaa, menyenangkannya jadi guru. Punya anak2 yang bisa diotak-atik, disayang, n pelampiasann hhha. Pokoknya seneng banget!. Ini ceritaku , bagaimana dengan ceritamu ?(kyk iklan ?) #happyteaching!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar