Tifa at-Taqiya ...

Write your dream on the paper with a pencil hope, and let Allah erases some part to change with great story..

Sabtu, 14 Maret 2015

Disayangi buka Diumpati

Kali ini aku sekedar mau share tentang fenomena yang emang miris banget.  Ceritanya aku n temen aku ngerjain pekerjaan lab.. terus kita ngobrol2. Sampainya obrolan kita tentang SPAI ( seminar pendidikan agama islam)  yang bakal kita kontrak semester 6 nanti. Dia nanya “ tif.. kalo SPAI ada mentoringnya ga ? “  Aku jawab “ enggak..” . Trus kata dia  “ Alhamdulillah “. “ Lhaaa kok alhamudillah  ? “. “ gak mau aah.. soalnya kalo mentoring takuttt “.
“ Lha naha ? aku ah malah suka kalo mentoring “
“ gak ah takut ekstrim gitu “
“ emang tetehnya ngomong apa  ?”
“ enggak sih.. statusnya di fb kayaknya yang fanatik gitu “
“ Sebetulnya ga da yang fanatik sii kalo kata aku mah.. da emang harusnya gitu kan yaa ? ya mungkin penyampaiannya kali yaa yang salah. Aku juga dulu sempet takut kok. tapi klo ngerti gak papa kok.”
( PERISTIWA SATU)

Masih di hari yang sama.. dan di lab juga. waktu lagi ngutak ngatik kerjaan.
Tiba-tiba temen aku bilang “ Tifaa.. ukhtii udah kamu pergi sana .. kita mau bergunjing.. kita mau bergibah nih  “ Trus juga ada yang bilang .. “ iiihhh kalo ada tifa mah kita ga bisa berghibah “
“ udah tifa sana  .. kita kan ga mau tifa kena dosanya”
Gue :  “ ehh gubraaaak dah... masa gara-gara aku doang “
Bengong abisss.  Udah aja pas mereka ngegosip aku gangguin biar gak beres tuh gosip.   (PERISTIWA 2)

Lanjutt  PERISTIWA 3 , masih di lab dan hari yang sama.
“ Eh di kelas kita mah gak ada yang jadi ya ( pacaran maksudnya)”
trus ada yang nimpalin “ ehh ukhtii.. kalo ada tifa mah ga boleh ngomongin pacaran...” . sambil ketawa ketiwi
Gue jawab “ lihaaat aja kalo ada yang pacaran di kelas,, aku jadi penghancur hubungannya.. hhhaa”
Temen2 guee : “ waaahh tifaaa waaahh.. jadi penghancur hubungan.. “ Sambil ketawa.

Nah dari peristiwa diatas.. ada satu hal yang miris banget.  Gue sih g masalah klo di hereui ( di becandaain)  kayak gitu, toh kita emang udah biasa kok dikelas kayak gitu. Dan g di bawa ke hati, toh semua orang dikelas juga udah tau tipikal masing –masing dikelas kayak apa. Cuma ada satu hal yang miris, dan buat aku muter kepala gimana cara ngehadapinnya. Yaitu dimana aku ngeliat banget fakta yang namanya virus sekuler ama liberal itu menjangkit pemikiran mereka.Maksudnya, meski temen-teman aku gak menyengajakan diri “belajar” tentang sekuler, atau menerapkan ide sekuler secara sengaja. Tapi, nampak dari perilakunya sudah biasa banget memisahkan agama dari kehidupan. Mulai dari kerudung yang lepas pake, sholat yang bolong-bolong.. atau sekedar kayak tadi aja..

 Dan Sediiihh banget. Apalagi kalo kita deket dengan mereka.. pengen di sayang dan dikasih tahu baik baik. Tapi kadang dianggap angin lalu aja,.. Temen-temen emang g pernah ngelarang aku kalo aku suka beda sendiri, kayak misalnya g ikut foto kelas, terus olahraga pake jilbab ( gamis).. justru malah menghargai . Tapi sedihnya hanya taraf menghargai saja, bukan mencari tahu alasannya, dalilnya dan nyari mana yang bener. Jadi seolah aku adalah spesies berbeda yang patut dihargai.. bukan akirnya sumber rasa penasaran untuk nyari ilmu lebih lanjut. Ketika aku kasih penjelasan hukum syara' pun , dianggap sekedar informasi saja. Tak terpikirkan bahwa dirinya pu  wajib melakukan hukum syara' yang demikian.  Ada juga sih temen - temen yang suka nanya, dan sering nanya ke aku hukum ini itu apa. Tapi itu pun hal tertentu misalnya nikah, atau masalah yang mahdhah. Bgitu aku sampaikan hukum yang lain.. masih rada milih milih.

Yaa.. ini fenomena keseharian kita. Buat aku sendiri, kerasa bnget dimana kita memang harus sabar dan struggle menghadapai kondisi bgitu. Dan kita harus pintar bersikap. Bagi sebagian orang... mereka menghindari fenomena tersebut. Mungkin karena meraka sebel melihat kondisi yang rusak. Tapi menurut aku, pleaseee jangan dihindarii... jangan pula di umpati. Tapi justru di sayang.. sebab mereka pada dasarnya baik. Mereka juga saudara kita yang berhak mendapat kebenaran. Kita gak pernah tahu kapan Allah membukakan hati saudara kita. Hal yang terpenting ialah kita tetap konsisten dengan kebaikan dan dakwah kita meski pelan-pelan .

Aku pernah baca sebuah puisi. Dimana ada seseorang yang berpandangan dengan aktifis dakwah . Dimana ia merasa heran, mengapa akhwat tersbut begitu luwes kepada sesamanya namun tidak bersikap demikian pada dirinya. Mengapa pula akhwat tersbut enggan bergaul dengannya. Apakah dirinya terlalu hina untuk di jadikan teman ?  . Nah saat aku baca itu, aku pun langsung inget dengan teman2 di kampus. Mungkin saja Islam tidak masuk kedalam hati dan pemikiran, karena kita yang membangun sekat itu. Tenttu pun kita tidak mau di hisab oleh Allah karena meninggalkan teman kita bukan ? Maka mari kita lepas sekat itu.. bergaulah dengan siapapun. Islam milik semua orang.  Bukan hanya untuk orang yang bergerak dalam jamaah dakwah. kalo dipikir-pikir.. bukankah kita juga dulunya dalam kegelapan ?

Aku nulis hal ini, bukan karena aku baik. Bukan juga karena aku orang yang hebat dalam dakwah atau militan. Masih banyak hal yang harus aku evaluasi dari diri aku sendiri, mulai dari nafsiyah, ruhiyah , tsaqofah, gerak dakwah, dsb.  Tapi semata aku tulis ini karena aku juga ingin jadi baik. Dan hanya ingin mengingatkan bahwa dakwah itu adalah cinta. Dan cinta akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk yag kita cintai. Maka melawanlah dengan cinta. Sebab kekuatan cinta mampu membuat pemikiran masuk ke dalam akal dan hati.  Semoga kita senantiasa  diberikan kekuatan dan keikhlasan oleh Allah. Dan semoga penulis dan pembaca menjadi orang yang lebih baik lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar