Tifa at-Taqiya ...

Write your dream on the paper with a pencil hope, and let Allah erases some part to change with great story..

Sabtu, 14 Februari 2015

Forbidden Celebration


How are you today girls ? Hope you always in Allah's Blessing. In this time , I just wanna try to educate ( educate ? I think it's not match) or else.. that will show you about what kind of celebration that forbidden for us. Especially  for Muslim. Because, in fact there are many of muslims dont know kinds of celebrating that forbidden for us.

1. Perayaan Tahun Baru

Saya pernah survety sendiri di kampus... dari beberapa orang yang saya tanya terkait tahun baru. Mereka semua jawab, bahwa mereka gak tahu hukum merayakan tahun baru itu sendiri. Dan merasa hal ini boleh-boleh aja. Pertanyaanya .. emang dilarang dalam Islam ? Alasannya apa ?
Sebelum kearah sana, ada sebuah hadist nih yang artinya :



“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk darinya”. (HR. Abu Daud no. 4031 dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah: 1/676)

Nah dalam konteks perayaan tahun baru ini, rupanya ini bukan perayaan yang netral alias universal lho. tapi perayaan yang khas dari suatu agama lain alias non Islam. Sejarahnya begini, adanya sistem penanggalan masehi di prakarsai oleh Kaisar Julius Caesar, dimana awal bulan dimulai pada bulan maret. Kemudian diganti menjadi bulan januari. Januari sendiri diambil dari nama dewa Romawi “Janus” yaitu dewa bermuka dua , satu muka menghadap ke depan dan yang satu lagi menghadap ke belakang. Dewa Janus adalah dewa penjaga gerbang Olympus. Sehingga diartikan sebagai gerbang menuju tahun yang baru.

Selain dari Romawi, tahun baru juga merupakan perayaan dari sebagian Umat kristiani lhoo. Sebagai cerita aja.. aku punya tetangga kebetulan kristen advent, perayaannya ternyata bukan natal tetapi tahun baru. Bagi orang Kristiani yang mayoritas menghuni belahan benua Eropa, tahun baru masehi dikaitkan dengan kelahiran Yesus Kristus atau Isa al-Masih, sehingga agama Kristen sering disebut agama Masehi. Masa sebelum Yesus lahir pun disebut tahun Sebelum Masehi (SM) dan sesudah Yesus lahir disebut tahun Masehi.

Nah .. kalo udah tahu kayak gini berarti hukumnya kita merayakan tahun baru ialah haram. Sebab kalo kita ngerayainnya sama saja kita menyerupai suatu kaum . Karena kita merayakan apa yang mereka rayakan. Fix ya.. gak boleh ikutan lagi perayaan ini.


2. Valentine's Day

Dengan berdalil dengan hadist yang sama kayak diatas, valentine day juga gak boleh rupanya. Meski judulnya hari kasih sayang, namun ternyata kalo kita telis ik ini perayaan yang berasal bukan dari Islam lho..  Mau tahu sejarahnya, ? Sebetulnya kalo mo lengkapnya bisa dicari ya di internet banyak kok. Dan banyak banget versi sejarah lahirnya valentine's day. Salah satunya yang paling terkenal ialah ceritanya pendeta di roma yang bernama valentine. Dimana dulu, raja romawi sangat melarang pemudanya menikah karena takut tentaranya jadi loyo. Nah ternyata, si pendeta valentine ini malah menikahkan 1 pasangan kekasih.. dan akhirnya dia di hukum deh. Sejak itu orang-orang mengenangnya dengan mmbuat perayaan hari valentine. 
Nah.. terlepas dari banyaknya versi sejarah hari valentine. Yang pasti, ini perayaan bukan dari Islam melainkan dari agama lain. So, kita sebagai muslim anti banget ngerayain perayaan ini. Khawatir bget kita justru termasuk menjadi kaum mereka. Naudzubillahi min dzalik. 

3. April Mop
 
Sebetulnya untuk perayaan ini sendiri tidak sepopuler perayaan Valentine's day. Namun belakangan ini , agenda ini jadi lumayan booming dikalangan anak muda. Biasanya nih, April Mop dirayain dengan cara ngerjain temennya.. setelah itu bilang deh " April Mop "
Hmm.. padahal kalo kita baca sejarahnya. Cerita april mop, merupakan cerita yang paling sadis lo. Jadi gini, dulu setelah Spanyol di bebaskan oleh Thariq bin Ziyad. Spanyol hidup dengan damai dalam sistem dan kepemimpinan Islam. Masyarakat pun berangsur banyak yang memeluk agama Islam. Namun setelah itu rupanya spanyol kembali diserang. Satu -satu pun wilayah spanyol jatuh ke pasukan salib. Daerah terakhir yang belum dikuasai adalah Granada. Nah ..akhirnya pasukan Salib pun berusaha menghabisi kaum muslimin di granada. Kaum muslimin pun masing2 berusaha bersembunyi ke rumahnya masing-masing. Di jalanan sendiri pun akhirnya sepi, dan dipenuhi oleh genangan darah dan mayat kaum muslimin.  Untuk memancing kaum muslimin keluar dari persembunyian

Akhirnya tentara salib pun ngerjain kaum muslimin. Caranya diumumkanlah bahwa kaum muslimin boleh keluar dengan aman dan pergi dari t4 tersebut. Tapi ternyata, pas kaum muslimin keluar dari rumah. Segera tentara salib pun langsung menghabisi kaum muslimin dengan sadis. Naahh.. kalo kita liat ceritanya tadi.. mirp kan dengan mekanisme April Mop. Ya kan ?  Intinya mah ngerjain orang alias bohong. Rupanya sejarahnya serem banget kan mba sist ? . So, kalo udah tahu gini berarti please jangan pernah ngerayain ini. Kalo kita muslim dan ngerayain, sama aja kita udah merayakan sejarah yang menyakitkan agama kita sendiri.  Jadi .. fix ya gak ngerayain perayaan ini lagi. 


Selain perayaan yang diatas masih ada lagi beberapa perayaan yang ga boleh dirayakan oleh kita. Intinya adalah kita harus berhati-hati terhadap agenda apapun yang mau kita lakukan. Mari kita biasakan untuk mengecek bagaimana hukumnya dalam pandangan Islam. Supaya kita g terjebak pada hal-hal yang bisa menjerumuskan pada dosa. Okaay. Keep you beneath the star ! Love you coz Allah. Hamasah. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar