Tifa at-Taqiya ...

Write your dream on the paper with a pencil hope, and let Allah erases some part to change with great story..

Kamis, 05 Juli 2012

Do you know khilafah ?


Kenal taylor swift ? “ gakkk.. tauu!  abis gak pernah kenalan..”. Gubraaakk! Gak harus kenalan kali! Pasti udah pada tau kan?. Atau Ayu ting-ting ? pasti udah pada tahu, malahn udah akrab.hehe.

Nah tapi, kalo ditanya udah pada kenal ama khilafah belum ? duuhhh..mesti kroscek tuh. Masa kata2 yang lagi HOT-HOT nya kalian gak tauuu ? huuhh payah. Padahal kan, kalo temen-temen baca artikel pericantik yang sebelumnya, pasti kalian sempet lihat kata2 ‘khilafah’ majang di sini. Bener gak ?. So, kali ini bagi yang belum tahu apa itu khilafah, nah tenang ajaa.. peri cantik akan bagi-bagi surprise!

Khilafah. Kata-kata ini mungkin bagai beberapa orang terdengar asing. Padahal ,khilafah adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari Islam itu sendiri. Tanpa adanya khilafah , Islam tidak akan diterapkan secara keseluruhan. Wahh paraah banget. Nah , kalo temen2 gak tauu tentang khilafah gimna ceritanya tuh... waahh perlu dipertanyakan nih keislamannya! Hayooo selama ini mikirin apaan?

Pernah denger kekhalifahan daulah abbasiyah ? atau kekhalifahan daulah utsmaniyah? Nah kata2 ini familiar di peajaran SKI atau PAI. Nah, kalo yang itu merupakan bentuk real dari diterapkankan sistem khilafah . nahh , kalo khilafah itu sendiri.. apa itu khilafah ?


Khilafah merupakan sebuah sistem pemerintahan yang berlandaskan Islam sebagai pondasi aktifitasnya. Singkatnya, Islam dipakai sebagai Ideologi alias dasar negara. Yahh.. misalnya Indonesia ideologinya pancasila gituu. Nah ternyata, islam yang mungkin dikenal hanya sebagai sebuah agama spiritual. Ternyata merupakan sebuah ideologi. Dan yang paling menakjubkan adalah ia merupakan satun-satunya ideologi yang benar didunia ini. Waduhh kok PD banget sih?. Ya iyalah .. gimana nggak ? Ideologi Islam merupakan ideologi hasil rancangan sang Khalik yaitu Allah SWT. Asli buatan ALLAH SWT lho!.Coba kita bandingkan dengan ideologi lain. Siapa yang membuat mereka? Misalnyaa ideologi pancasila, siapa pembuatnya? Manusia kan ? bukan orang super lagi. Aduh capek dehh, pasti tuh ideologi banyak kelemahannya. Atau ideologi sosialis, ngelihat pertama kalinya aja, kta pasti udah bisa nebak yang buat ideologi ini adalah orang gila. Alias OON stadium 7, gimana enggak ? masa orang disamain ama monyet ?gak logis baget kan ?. Nah dari situ aja udah keliatan gak benernya tuh ideologi.

Nah bagaimana dengan Islam ? Islam sebuah  agama yang sempurna, bukan hanya agama tapi juga sebuah ideologi. Islam tidak hanya mengatur manusia dari sisi spiritualnya saja, tapi juga secara keseluruhan alias semua aspek kehidupan. Nah , inilah yang membuat Islam berbeda dengan agama lain. Jikalau agama lain, hanya mampu menyelesaikan permasalahan rohani umatnya saja. Naaah, Islam mampu menyelesaikan SELURUH permasalahan manusia. Mulai dari masuk kamar mandi ampe ngurusin negara.. mulai dari hal-hal kecil ampe hal yang gede. Jangan salah! Urusanyang mungkin berbau pemerintahan pun, Islam bisa mengaturnya lho. Seprti urusan pendidikan, ekonomi, politik, sosial, pengelolaan sumber daya alam dll. So, bagi kita yang belum tahu hal ini.. please open your eyes!

Nah , Islam dengan segala kesempurnaan peraturannya ini, gak akan mampu menyelesaikan permasalahan umat kalo misalnya Islam tidak bisa diterapkan keseluruhan.Contohnya, yaaa kayak sekarang ini. Gimana Islam bisa menjadi solusi bagi permasalahan manusia ? kalo Islam itu sendiri tidak diterapkan ? saat ini Islam hanya dipandang sebagai sebuah agama rohaniyah saja. Dimana dalam aspek lain kehidupan manusia, Islam tidak boleh ikut campur. Ckck parah!.

Nah gimana caranya supaya Islam bisa diterapkan secara keseluruhan (kaffah), dan bisa menyelesaikan permasalahan manusia ? apakah hanya mulai dari individu itu sendiri sudah cukup ? Tidak. Itu saja belum cukup. Masalahnya peraturan Islam itu mencakup kepada sellurh aspek kehidupan manusia seperti ekonomi, pendidikan dll, berarti ketika kita ingin menerapkan Islam keseluruh lini kehidupan.  Kita harus membuat suatu kondisi yang mendukung itu semua. Dan satu-satunya cara yang diperintahkan Allah SWT untuk membuat kondisi itu semua adalah menegakan khifah di muka bumi ini.
Mungkin ada yang bertanya, seperti apa khilfah itu ? seperti yang sudah ditulis ama peri diatas. Khilafah adalah sistem pemerintahan Islam. Semua aktifitas pemerintahan bertolak ukur dan mengacu pada hukum syara’, dan pemimpin dalam negara ini adalah khalifah. Jadi singkatnya, kita harus mendirikan negara yang berlandaskan Islam  agar bisa menerapkan Islam secara keseluruhan.. begitoooh! Nah, gimana dengan orang yang non Islam ? gimana nasib mereka ?.

Tenaaangg aja, dalam Daulah Islam (negara Islam), kaum non Islam justru diperlakukan sangat baik. Mereka dibebaskan untuk beribadah, diberi fasilitas yang sama dengan kaum muslimin, dibebaskan untuk berpakaian, makan dan minum yang dibolehkan sesuai ajaran mereka masing. Bahkan mereka boleh lhoo mengadukan kezholiman penguasa kepada yang pihak berwenang.Pokoknya gak ada diskriminasi. Bahkan diperlakukan sangat baik. Nahh , bahkan itu semua sudah terbukti selama 14 abad ketika Kekhalifahan Islam menguasai 2/3 dunia.. keren kaaann? Dan sempat tercatat kdalam suatu buku yng berjudul “ Spain in three religion”. Dalam buku itu ditulis, bahwa ketika spanyol menjadi ibukota daulah Islam , selama 800 tahun Islam dapat menyatukan 3 agama dalam nauangan Islam keren kan ?. Tau gak yang nulis siapa ? Ia adalah seorang non Islam lho! Keren kaann ? orang non Islam aja mengakui.


Naahh.. sekarang udah tau kan Khilafah itu apa ?. Nah berarti udah kewajiban kita sekarang untuk menegakan khilafah dimuka bumi ini. Sebab, khilafah telah runtuh ditangan seorang yahudi yang bernama Musatafa Kemal attaturk pada tahun 1924. Sebagai seorang muslim, pastinya kita pengen dong menjadikan Islam sebagai Super Power yang mampu menandingi Amerika. So.. sebagai remaja Islam , ayooo buktikan perjuanganmu dengan cara berdakwah dan meyebarkan opini khilafah ditengah –tengah umat! Dan buktikan bahwa kita adalah Khairu ummah! Ganbatte! Allahu akbar!
Sayf attaqiya
[04 jul.12_11:48@my bedroom just alone]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar