Tifa at-Taqiya ...

Write your dream on the paper with a pencil hope, and let Allah erases some part to change with great story..

Rabu, 08 Februari 2012

Score is not everything



Heheh,,ngomongin ini pas lagi sekarang mungkin belum kerasa.Tapi,biasanya kalo lagi musim ujian nih obat sakit kepala dan obat maagh pasti banyak yang laku. Gimana enggak ? ratusan ribu bahkan jutaan pelajar di Indonesia harus mati – matian belajar dan numpukin buku demi mengejar sesuatu yang bernama ‘nilai’. Yahh.. sadar atau gak ? banyak pelajar, bahkan hampir semua rela melakukan apapun demi sesuatu yang bernama ‘nilai’. Bahkan ngerogoh kocek dalem –dalem pun dijabanin. Gak sedikit loh, 100 rbu ? Bagi mereka itu mah murah.. 1000.000 dong ! itu baru fantastis!. Mereka rela ngeluarin uang segitu, bahkan bisa lebih, demi nilai yang gede. Entah itu halal ataupun haram.. lanjuut aja..?! entah les tambahan yang eksekutip atau kunci jawaban yang isinya belum tentu bener.

Di zaman kapitalis gini,masih banyak temen – temen pelajar yang salah kaprah dalam memandang kesuksesan di sekolah. Mereka cenderung beranggapan, bahwa nilai yang bagus merupakan tanda bahwa kita pinter dan sukses di sekolah. Padahal, nilai itu bukan indikator utama loh?. Bisa aja kan ? nilai kita gede, tapi sebetulnya kita itu gak paham dengan pelajaran itu sendiri. Nilai itu, cuma salah satu indikator, dari sekian banyak indikator penentu kesuksesan kita .Misalnya syakhsiyah, kecerdasan emosional, aqliyah, problem solving dll. Percuma dong, nilai besar tapi gak punya akhlak . Sama aja dong kita kayak orang – orang yahudi sana, yang emang jenius tapi mentalnya mental jongkok. Naudzubillah..!

Punya nilai bagus dan membanggakan itu gak salah, bahkan Allah pun menyuruh kita untuk bersungguh – sungguh dalam melakukan sesuatu ‘ Man Jadda wa jada’ ,inget ? Dan Rasulullah pun pernah bersabda, ‘Tuntulah ilmu hingga ke negeri cina’.
Namun, umat islam khususnya pelajar kayak kita gini harus inget. Jangan sampe kita men’dewa’kan nilai hingga melewatkan segala – galanya. Tidur lewat, makan lewat, shalat sampe bablas, gak peduli lingkungan, bahkan orang pingsan didepannya gak keliatan kali ya? Saking seriusnya belajar.And endingnya,malah sakit dan berdosa deh. Ampe – ampe, banyak temen kita yang merelakan tubuhnya di bakar neraka, demi goresan tinta bertuliskan ‘A’ atau 100. Inget, muslim yang sukses adalah muslim yang tidak sekedar bagus dalam nilai akademis, tapi juga hebat di syaksiyah dan aqliyahnya.

Jadi buat temen – temen pelajar semua, gak usah khawatir deh ngadapin ujian atau nilai remedial.Apalagi sampe stress,ngamuk ngamuk gak jelas, bahkan yang parah malah bunuh diri. Kalo kita udah punya Syakhsiyah dan Aqliyah islam yang kuat, Insya Allah, yang namanya nilai mah bisa dikejar. Yang penting rumusnya Ikhtiyar + doa + Tawakal udah deh.. masalah nilainya bagus atau jelek, itu mah urusan Allah. So.. Don’t stress, and enjoy your life..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar